yoga lupus. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 16 April 2014

CONTOH MIND MAP DALAM DUNIA ARSITEKTUR



CONTOH MIND MAP DALAM DUNIA ARSITEKTUR


Arsitektur merupakan ilmu untuk merancang dan membangun lingkungan binaan, mulai dari yang besar atau makro, sampai yang kecil atau mikro. Makro contohnya perancangan dan penataan kota, arsitektur lansekap, sedangkan contoh mikro yaitu meliputi desain bangunan, desain perabot atau produk. Arsitektur juga memperhatikan beberapa aspek yaitu kepribadian, hobi, keadaan lingkungan, budaya, ekonomi pengguna, sosial, dsb.
Untuk memudahkan pemahaman arsitektur, kita dapat menggunakan metode Mind Map, mind map mampu mengoptimalkan otak serta memahami seitap elemen atau konteks dalam peta pemikiran (mind map).
Di bawah ini adalah contoh perkembangan arsitektur yang terjadi di dunia.








Mind map diatas menjelaskan tentang perkembangan arsitektur dari masa pra peradaban sampai post-modern.




      1.       Arsitektur peradaban

     Arsitektur neolitikum adalah arsitektur dari periode noelitikum. Di asia barat daya, budaya neolitikum muncul pada tahun 10.000 SM,awalnya di levant dan dari sana menyebar kearah timur dan barat. Ditemukan budaya neolitikumawal di anatolia, suriah, adan irak pada tahun 800 SM, dan budaya masyarakat berproduksi makanan pertamakali muncul ditenggara eropa tahun 7000 SM, dan eropa tengah pada 5500 SM.

 2.     Arsitektur klasik
     Dalam arsitektur romawi, digunakan teknologi yang belum ditemukan pada masa yunani kuno. Teknologi ini pun tetap digunakan sampai sekarang, yaitu teknik cor beton. Bangunan bangunan yang didirikan tidak hanya untuk keagamaan tetapi juga untuk keduniawian.




 
      3.       Arsitektur Medieval
     Arsitektur Romanesque adalah gaya arsitektur dari eropa abad pertengahan ditandai oleh lebgkungan setengah lingkaran dan berkembang dari masa ke masa. Arsitektur romannesque sebagai gaya arsitektur paneropa pertama sejak arsitektur imperal romawi.
      4.       Arsitektur Modern
     Arsitektur modern memiliki ornamen mminim dan fungsional. Pada arsitektur modern fungsi ebih diutamakan dalam menentukan bentuk, ukuran dan bahan. Di indonesia dalam rumah dengan gaya arsitektur modern mulai banyak diterapkan pada tahun 70-an. Di masa sekarang pun banyak rumah baru yang dibangun dengan gaya arsitektur modern. Dengan menyesuaikan dengan bangunan dan teknologi terkini, perkembangan budaya dan wawasan serta gaya hidup manusia.
     5.       Arsitektur post-modern
     Arsitektur Post Modern bermula dari kejenuhan masyarakat terhadap arsitektur modern, maka tibullah gerakan pembenahan dari para arsitek arsitektur post modern, ada protes keras dari masyarakat awam eropa. Merka beranggapan pada suatu pembangunan yang didahului dengan pembongkaran tak perlu melibatkan campur tangan arsitek, sembarang orang juga dapat melakukannya. Arsitek ditantang membangun tanpa merusak sehingga muncullah srsitektur purna modern yang mendamaikan antara yang lama dan yang baru.




0 komentar:

Posting Komentar